Kamis, 10 Maret 2011

Penilaian Kinerja Kepala SD


DIMENSI KOMPETENSI SEBAGAI PENDIDIK (PEDAGOGIK)
1. Prestasi Sebagai Pendidik
1.1. Menyusun program pembelajaran (Prota, Prosem, Silabus, RPP)
1.2. Melaksanakan PBM (jadwal, agenda pelaksanaan, daftar hadir siswa, daftar nilai)
1.3. Melaksanakan BK (jadwal, agenda pelaksanaan, daftar hadir siswa)
1.4. Melaksanakan evaluasi (instrumen, pedoman penilaian/penskoran, hasil pekerjaan siswa dicatat pada daftar nilai)
1.5. Melaksanakan analisis hasil belajar (soal, kunci jawaban, lembar jawaban soal dan analisis)
1.6. Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan (hasil analisis, program pelaksanaan dan laporan)

DIMENSI KOMPETENSI MANAJERIAL
1. Kemampuan menyusun program sekolah
2. Kemampuan menyusun struktur organisasi sekolah
3. Kemampuan menggerakkan tenaga pendidik dan kependidikan
4. Kemampuan mengoptimalkan sumberdaya sekolah
5. Kemampuan mengelola administrasi PBM dan BK
6. Kemampuan mengelola administrasi kesiswaan
7. Kemampuan mengelola administrasi pendidik dan tenaga kependidikan
8. Kemampuan mengelola administrasi keuangan
9. Kemampuan mengelola administrasi sarana/prasarana
10. Kemampuan mengelola adminstrasi persuratan
11. Prestasi sekolah

DIMENSI KOMPETENSI SUPERVISI
1. Kemampuan menyusun program supervisi
2. Kemampuan melaksanakan program supervisi pendidikan
3. Kemampuan memanfaatkan hasil supervisi

DIMENSI KOMPETENSI KEPRIBADIAN (SEBAGAI PEMIMPIN)
1. Memiliki kepribadian yang kuat
2. Memahamai kondisi pendidik, tenaga kependidikan dan siswa dengan baik
3. Memiliki dan memahami visi, misi sekolah
4. Kemampuan mengambil keputusan
5. Kemampuan berkomunikasi

DIMENSI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN
1. Kemampuan mencari/menemukan gagasan baru untuk pembaharuan sekolah
2. Kemampuan melaksanakan pembaharuan di sekolah
3. Kemampuan mengembangkan sarana/prasarana
4. Kemampuan mengubah peluang menjadi program/kegiatan yang menguntungkan

DIMENSI KOMPETENSI SOSIAL
1. Kemampuan mengatur lingkungan kerja (fisik)
2. Kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik)
3. Kemampuan menerapkan prisnsip penghargaan dan hukuman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar